Pages

Mei 15, 2024

Spesies lalat

Lalat rumah

(Musca domestica)

Lalat rumah adalah pembawa utama berbagai macam penyakit berbahaya bagi manusia, dan dapat menginfestasi segala tipe bangunan. Mereka tertarik dengan segala macam makanan, termasuk makanan manusia, makanan hewan peliharaan, sisa atau limbah makanan, dan bahkan kotoran.

Melihat lalat rumah dewasa biasanya merupakan tanda aktivitas dan potensi masalah yang paling umum. Larva lalat rumah dapat terlihat saat mereka merangkak keluar dari tempat pengembangbiakan untuk menjadi kepompong.


Lalat hijau

(Calliphora vomitoria)


Lalat hijau merupakan salah satu spesies lalat yang seringkali terlihat terbang di sekitar tempat sampah, kotoran hewan peliharaan dan hewan mati. Mereka membawa berbagai macam penyakit berbahaya untuk manusia, seperti disentri dan salmonellosis melalui kontaminasi pada makanan atau minuman.


Lalat pasir

(Spiriverpa Lunulata)

Lalat pasir dewasa dapat dilihat dari bulan April hingga September. Mereka hidup di tepi sungai berpasir dengan habitat terbuka yang bebas dari pepohonan yang rindang.

Lalat pasir betina lebih suka bertelur di atas tanah lembab atau air.


Lalat buah

(Drosophila species)


Lalat buah umumnya ditemukan terbang diatas buah yang telah matang atau melayang di sekitar sisa-sisa fermentasi yang ditemukan di kebun buah, lahan sayuran dan pabrik.


Lalat limbah

(Psychodidae)


Lalat limbah seringkali dihubungkan dengan tempat pembuangan sampah atau limbah, dimana larva memakan bahan organik seperti lumpur. Mereka juga dikenal dengan beberapa nama lain seperti: lalat pembuangan dan lalat ngengat.


Lalat daging

(Sarcophagidae)


Lalat daging atau nama latin lalat daging adalah sarcophagidae mendapatkan nama mereka dari kebiasaan meletakan larva yang matang dalam daging yang telah rusak atau membusuk. Jenis lalat ini juga diketahui dapat berkembang biak di bangkai hewan.


Lalat kuda

(Family tabanidae)


Lalat kuda merupakan hama khusus yang ada pada hewan ternak. Serangan gigitan tanpa henti dari lalat betina dapat menyebabkan penurunan berat badan pada beberapa hewan.


Lalat kuda jantan merupakan pemakan nektar dan serbuk sari serta paling aktif saat siang hari. Gigitan lalat kuda juga dapat sangat menyakitkan bagi manusia. Mereka mempunyai bagian mulut yang berkerja seperti pisau kecil digunakan untuk membuka kulit dengan gerakan seperti menggunting.

Google

0 comments:

Catat Ulasan

Segala komen adalah hak dan tanggungjawab anda sendiri!!!
All comments are your own right and responsibility.!!!